Keamanan Jaringan - Mengenal Firewall

0

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera kepada pengunjung, yang senantiasa berkunjung di blog saya, :)

Hari ini kita akan membahas masih mengenai Keamanan dalam Jaringan yaitu tentang Firewall.,
Langsung saja.


Firewall

Sebuah firewall digunakan untuk melindungi jaringan computer khususnya LAN dari berbagai serangan yang dapat menyebabkan data corrupt atau service menjadi macet. Sebuah firewall dapat berupa computer biasa yang telah dikonfigurasi menggunakan software tertentu atau bisa juga hardware/device khusus. Umumnya perangkat firewall menjadi satu dengan router atau NAT router, namun perangkat firewall memiliki fitur-fitur lebih lengkap dibandingkan router biasa.

Firewall dapat menyeleksi setiap data yang masuk atau keluar, kemudian membandingkannya dengan kriteria atau policy tertentu. Manakala sesuai dengan policy maka data akan diteruskan, jika tidak sesuai data akan di-block atau di-drop.

Contoh Akses Control pada Firewall
Ada beberapa metode akses control pada firewall, yaitu :
  1. Packet Filtering
    Paket-paket dianalisis dan disaring menggunakan kumpulan aturan. Setiap paket yang disaring akan dilihat header-nya, karena informasi IP Address asal/tujuan, port, ada pada header ini. Paket-paket yang sesuai dengan aturan akan diteruskan ke tujuannya, sedangkan yang tidak sesuai akan dimusnahkan.
  2. Proxy Service
    Proxy tidak melakukan penyaringan paket-paket. Proxy bekerja pada tingkat aplikasi, sehingga proxy dapat menyaring isi paket-paket yang melalui firewall. Paket Informasi yang berasal dari internet akan ditampung sementara di suatu tempat tertentu yang disebut Proxy Server. Host-host pada jaringan local yang mengakses proxy server tidak akan menyadari bahwa mereka tidak terhubung langsung dengan internet. (Analogi bak mandi)
  3. Stateful Inspection
    Merupakan metode yang bekerja bukan untuk menyeleksi isi dari setiap paket, melainkan membandingkan key yang menjadi bagian paket ke suatu database.

Aturan Dasar Firewall
Aturan dasar yang diterapkan pada firewall biasanya ada dua. Kedua aturan tersebut tidak boleh dicampuradukkan, kita harus memilih salah satu. Aturan dasar tersebut yaitu :
  1. Accept few, drow any
    Melarang segala sesuatu yang tidak didefinisikan dalam rules (aturan)
  2. drop few, accept any
    Membolehkan segala sesuatu yang tidak didefinisikan dalam rules (aturan)
Nah, kira-kira seperti itulah, pembahasan mengenai Pengenalan Firewall
sekian, terimakasih..

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. ...

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)