Virtual LAN - Pengertian dan Keuntungan VLAN

0

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera kepada pengunjung, yang senantiasa berkunjung di blog saya, :)

Hari ini kita akan langsung membahas materi tentang pengertian VLAN dan Keuntungan VLAN

Langsung saja.

A. Pengenalan VLAN
VLAN merupakan salah satu bagian dari VPN. Dengan VLAN maka sebuah LAN dapat “dipecah-pecah” berdasarkan kategori tertentu. Dan hanya anggota dari VLAN tertentu saja yang dapat mengakses informasi dari sesame anggota VLAN. VLAN digunakan untuk menggabungkan lokasi yang terpisah menjadi sebuah broadcast domain.

Untuk memudahkan membayangkannya, bandingkan saja dengan konsep subnetting yang dapat memecah sebuah network TCP/IP menjadi beberapa subnetwork. Bedanya, VLAN bekerja pada layer 2 model OSI dan mengikuti ketentuan RFV 0824 sehingga network non-TCP/IP pun dapat bekerja pada VLAN.

VLAN dapat dibangun berkat kemunculan switch yang memiliki fitur VLAN karena tidak semua perangkat switch memiliki fitur VLAN. Seperti yang dibedakan pada Switch Manageable dan Switch Non-Manageable.

VLAN dapat mengelompokan beberapa host berdasarkan kelompok kerja, berdasarkan departemen, aplikasi atau servis yang disediakan dan sebagainya. Selain itu VLAN juga dapat digunakan untuk meningkatkan security dan mampu memecah sebuah broadcast domain yang besar menjadi broadcast domain yang lebih kecil sehingga akan mengingkatkan performa network.

B. Keuntungan Menggunakan VLAN
Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan VLAN:
  1. Security :
    keamanan data dari setiap divisi dapat dibuat tersendiri, karena segmennya bisa dipisah secarfa logika. Lalu lintas data dibatasi segmennya.
  2. Cost reduction :
    penghematan biaya dihasilkan dari tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrades jaringan dan efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink yang tersedia.
  3. Higher performance :
    pembagian jaringan layer 2 ke dalam beberapa kelompok broadcast domain yang lebih kecil, yang tentunya akan mengurangilalu lintas packet yang tidak dibutuhkan dalam jaringan.
  4. Broadcast storm mitigation :
    pembagian jaringan ke dalam VLAN-VLAN akan mengurangi banyaknya device yang berpartisipasi dalam pembuatan broadcast storm. Hal ini terjadinya karena adanya pembatasan broadcast domain.
  5. Improved IT staff efficiency :
    VLAN memudahkan manajemen jaringan karena pengguna yang membutuhkan sumber daya yang dibutuhkan berbagi dalam segmen yang sama.
  6. Simpler project or application management :
    VLAN menggabungkan para pengguna jaringan dan peralatan jaringan untuk mendukung perusahaan dan menangani permasalahan kondisi geografis.
Nah, kira-kira seperti itulah, pembahasan mengenai materi tentang pengertian VLAN dan Keuntungan VLAN

sekian, terimakasih..
Wassalamu'alaikum Wr. Wb. ...


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)