Komputer Dasar - Sistem Komputer dan Komponen Perangkat Keras

0

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komputer
Sekolah : PKBM Nurul Huda
Pertemuan : 1-3
Materi : Sistem Komputer

A. Sistem Komputer
Banyak cara untuk menggambarkan sebuah sistem komputer. Berdasarkan komponen-komponen pendukungnya agar dapat bekerja sebuah sistem komputer terdiri dari Hardware, Software dan Brainware.

- Hardware adalah komponen perangkat keras berupa sekumpulan peralatan elektronis, 
- Software adalah komponen perangkat lunak atau program dan data yang ada di komputer, 
- sedangkan brainware atau humanware atau user adalah manusia yang mengoperasikan komputer.

ketiga komponen tersebut akan melakukan tiga buah proses yaitu proses input data, pemrosesan data, dan proses untuk menghasilkan output berupa produk informasi.

Proses input data adalah kegiatan memindahkan data ke dalam bentuk dijital untuk dijadikan data masukan ke sistem komputer. Agar data dapat digunakan kembali sebaiknya data tersebut disimpan di sebuah file tunggal atau ke dalam sebuah basis data.

Bagian pemrosesasn data adalah proses mengelola data menjadi informasi. Sekumpulan data yang dikelola akan memiliki nilai berarti hingga menghasilkan keluaran berupa informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.

B. Perangkat Keras
Dalam sebuah sistem komputer, perangkat keras didefinisikan sebagai komponen-komponen komputer yang dapat ditangkap dengan indera peraba kita atau nampak secara fisik. Sejumlah perangkat keras merupakan komponen pokok yang harus ada di sebuah komputer, sedangkan komponen-komponen lainnya adalah komponen pendukung untuk menambah fungsi komputer.


Berdasarkan sifat dan kegunaannya perangkat keras computer (hardware computer) dapat dikelompokan menjadi 4 bagian : Perangkat input, Perangkat keluaran, Perangkat proses; dan Perangkat penyimpanan

1. Perangkat Input
Perangkat input adalah alat yang digunakan untuk memasukan data untuk diolah oleh computer. Contoh alat input computer adalah sebagai berikut :

a. Keyboard
Keyboard adalah sebuah papan kunci yang terdiri dari deretan huruf dan angka

1) Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY adalah keyboard yang susunan hurufnya diambil dari susunan huruf QWERT yang berada di sebelah kiri.Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. Keyboar QWERTY memiliki beberapa
tombol yaitu tombol fungsi,tombol alfanumerik, tombol control dan tombol numerik

2) Keyboard DVORAK
Keyboard DVORAK (1932) adalah keyboar yang susunan hurufnya lebih menekankan ppekerjaan pada tangan kiri biasanya susunan huruf vokal berada disebelah kiri

3) Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard adalah keyboard yang susunan hurufnya di pisah antara susunan hurufsebelah kiri dan susunan huruf sebelah kanan.


4) Keyboard Maltron
keyboard yang di produksi oleh perusahaan MALTRON dengan desain agak cembung kedalam.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)