Mikrotik - Dasar Penggunaan Router Mikrotik

0


MENGGUNAKAN ROUTER MIKROTIK

A. Materi Dasar Mikrotik
Apabila kita akan menggunakan router mikrotik, alangkah baiknya kita sudah memiliki pengetahuan dasar sebagai berikut :
1. Dasar Jaringan

Pengetahuan dasar jaringan ini antara lain, kita sudah pernah membuat jaringan LAN biasa untuk kepentingan sharing data atau printer, misalkan membuat jaringan Peer to Peer. Mengenal macam-macam perangkat jaringan dan pengkabelan, serta pemahaman tentang Penulisan IP Address dan Subnet Mask

2. Pengujian Jaringan
Untuk pengujian jaringan menggunakan web browser atau perintah PING untuk menguji terhubung atau tidaknya suatu komputer ke jaringan

3. TCP/IP Fundamental
Materi ini sama halnya dengan dasar Pengalamatan Jaringan seperti cara penggunaan IP Address dan Subnet Mask. Pada TCP/IP Fundamental, paling tidak kita dapat mengetahui tujuan penggunaan port number (source port maupun destination port) istilah-istilah seperti Dst. Address, Src. Address, Gateway dan ada baiknya juga mengetahui penggunaan Protocol Jaringan seperti contoh TCP, UDP dan ICMP

B. Prosedur Reset
Sebelum kita menggunakan router, alangkah baiknya kita melakukan Reset pada perangkat Router Mikrotik kita. Hal ini dimaksudkan, agar router yang kita gunakan berada dalam kondisi awal, dan tidak ada konfigurasi yang dibuat sebelumnya (terhapus).
Hard Reset
Adapun prosedur reset yang dilakukan salah satunya dengan menggunakan tombol reset pada perangkat mikrotik, yaitu :
- Pastikan semua kabel UTP tidak ada yang terhubung ke port ethernet (port jaringan) dari Router Mikrotik.
- Pastikan kabel adapter (power) tidak tercolok ke router mikrotik, sehingga router dalam kondisi off.
- Setelah semuanya tidak terhubung, tekan tombol power, sambil menekan tombol power, sambungkan kabel power adapter, sehingga router tampak menyala, dengan tetap menekan tompol power.
- Tetap pertahankan menekan tombol tersebut sampai LED ACT berkedip-kedip setelah selesai berkedip-kedip, baru lepaskan tombol power yang ditekan tadi.
- Router dapat dicoba untuk diakses dan digunakan
Note : Beberapa seri Routerboard mungkin berbeda dalam prosedur reset

C. Login ke Router Mikrotik
Ada beberapa cara untuk login ke Router Mikrotik, diantaranya menggunakan akses Web Base (web browser), SSH, Telnet maupun menggunakan aplikasi Winbox. untuk lebih jelaskan bisa kita lihat pada tabel protokol akses router pada mikrotik berikut :

Dari tabel diatas, dapat kita ketahui jika kita menggunakan Winbox, dapat diinstall di Sistem Operasi Windows, dengan Tampilan Text Base (CLI / mengetikan perintah) dan juga Tampilan Aplikasi (GUI / mengklik icon). Untuk konektifitasnya juga, Winbox dapat diakses tidak hanya Layer 2 / Data Link Layer (memilih MAC Address) tetapi juga pada Layer 3 / Network Layer (memilih IP Address, dengan catatan sudah ter-setting), begitu pula dengan Protocol akses lainnya seperti Web-HTTP, FTP, SSH dan lainnya.

Setelah memahami protokol akses diatas, selanjutnya kita akan mencoba untuk Login pada Router Mikrotik. menggunakan Protokol Winbox. perhatikan topologi berikut :

Gambar 1. Topologi Login Mikrotik

Untuk mengakses router, langkahnya sebagai berikut :
1. Pastikan perangkat sudah tersambung sesuai topologi
2. Reset perangkat mikrotik, agar kembali pada tampilan Default 
3. Buka Aplikasi Winbox
4. Deteksi router mikrotik yang tersambung pada Tab Neighbor dan tekan tombol Refresh
5. Jika sudah terdeteksi, pilih konektifitas MAC Address, jika kita belum setting IP Address.
6. Pastikan Form Connect to, Login, dan Password sudah terisi dengan baik.
Note : Default Login : admin, Password : (dikosongkan) 
7. Jika sudah Klik Connect

Gambar 2. Langkah-Langkah Akses Router Mikrotik


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)