Mikrotik - Pengenalan Router Mikrotik

0


ROUTER MIKROTIK

A. Perangkat Router

Router adalah peralatan jaringan yang menghubungkan satu jaringan dengan jaringan yang lain. Router digunakan untuk memilihkan jalan bagi paket data untuk mencapai computer tujuan. Sepintas router mirip dengan bridge, namun router lebih cerdas dibandingkan bridge. Router bekerja menggunakan routing table yang disimpan di memorynya untuk membuat keputusan tentang ke mana dan bagaimana paket dikirimkan. Router dapat memutuskan rute terbaik yang akan ditempuh oleh paket data. Router akan memutuskan media fisik jaringan yang disukai dan yang tidak disukai. Protocol routing dapat mengantisipasi berbagai kondisi yang tidak dimiliki oleh peralatan bridge. Router bekerja pada layer Network (Layer 3).


B. Router Mikrotik

1. Sejarah Mikrotik
Mikrotik merupakan kependekan dari mikrotikls yang dalam bahasa Latvia memiliki arti “network kecil”. Mikrotik merupakan Produsen Software dan Hardware Router. berlokasi di Riga, Latvia (Eropa Utara). Mikrotik didirikan oleh John Trully & Arnis Reikstins (1996). Motto: “Routing the World”. Menciptakan perangkat yang murah, cepat, handal, user friendly dan terjangkau luas.

2. Jenis Mikrotik
a. Mikrotik RouterOS (ROS)
MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat diinstall di perangkat komputer (PC). Dengan demikian sebuah PC yang terinstall RouterOS akan dapat menjalankan fungsi atau service Router. RouterOS mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP Network dan Wireless Network. RouterOS sangat support digunakan oleh ISP dan provider hotspot. Instalasi RouterOS tidak dibutuhkan piranti lunak tambahan atau komponen tambahan lain. Mikrotik RouterOS didesain agar mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil maupun skala yang lebih kompleks.


b. Mikrotik RouterBOARD (RB)
RouterBOARD merupakan dedicated router, hardware router yang sudah dilengkapi dengan RouterOS di dalamnya. RouterBOARD adalah merk untuk perangkat layer 3. Selain itu Mikrotik juga mengeluarkan produk layer 2 managable switch dengan merk MikroBits.

RouterBOARD memiliki sistem kode tertentu. Contoh RB 751.

7 : menunjukkan seri/kelas router,
5 : menunjukkan jumlah port ethernet,
1 : menunjukkan jumlah port wireless.

Kode lain di belakang tipe antara lain

U : dilengkapi port USB,
A : advance biasanya diatas lisensi level 4,
H : high performance processor lebih tinggi,
R : dilengkapi dengan wireless card embedded,
G : dilengkapi dengan port ethernet gigabyte,
2nD : dual channel.


3. Arsitektur Mikrotik
Berdasarkan arsitekturnya, RouterBOARD dibedakan jenis dan kinerja
processornya. Software ROS untuk setiap arsitektur berbeda-beda. Berikut beberapa
contohnya. Data lebih lengkap bisa dilihat di www.mikrotik.com


4. Lisensi Mikrotik (System – License)
RouterOS merupakan sistem operasi router berlisensi. Lisensi ROS dibagi dalam beberapa level, mulai dari level 0 (trial/demo) sampai dengan level 6 (controller). Perbedaan tiap level dapat dilihat sbb :


5. Packet Mikrotik RouterOS (System > Packages)

Paket dalam software mikrotik (ROS) beserta fitur-fiturnya bisa dilihat pada table


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)