Pemilihan Ketua OSIS SMK Cijangkar Tahun 2022 memakai Sistem E-Voting

0

 

Pemilihan calon Ketua OSIS SMK Cijangkar Periode 2022-2023 dilaksanakan secara online di Aula SMK Cijangkar, Selasa - Rabu, 22-23 November 2022.

Kepala SMK Cijangkar, Aep Saepuloh, S.T, dalam sambutannya menyampaikan agar siswa dapat memahami pemilihan Ketua OSIS SMK Cijangkar secara online.

“Saya harapkan siswa-siswi SMK Cijangkar dapat memahami pemilihan berbasis web secara online ini. Ini menjadi bekal siswa-siswi SMK Cijangkar di masa akan datang” ujarnya.

Pembina OSIS SMK Cijangkar, Ahmadi Andri, S.Hum mengatakan bahwa kelebihan yang dimiliki e-voting yakni pertama layanan tersebut menggunakan perangkat elektronik untuk memberikan suara. Sementara sistem pemilihan konvensional menggunakan kertas surat suara. Disini kita sudah melakukan penghematan kertas.




“Kedua, e-voting dapat menghitung dan mencetak laporan. Sementara sistem konvensional mengandalkan perhitungan manual. Ketiga, e-voting mampu melakukan pengiriman langsung dari perangkat komputer tempat pemilihan ke komputer server. Adapun sistem konvensional, pengiriman dilakukan secara fisik dan berjenjang waktu,” ujarnya.

Tim IT Panitia Pemilihan OSIS SMK Cijangkar, Deni Kurnia, S.T, menyebutkan teknis pemilihannya, siswa menginput user ID sesuai NIS siswa. Kemudian siswa memilih kandidat calon ketua OSIS dengan cara menekan tombol submit/berikan suara.


“Pilihan tersebut akan tersimpan secara otomatis di database server online. Ketika selesai memilih sistem akan otomatis logout atau keluar dari sistem. yang berarti pemilihan selesai,” jelasnya.

Sebelumnya, panitia pemilihan OSIS SMK Cijangkar melakukan seleksi calon ketua OSIS SMK Cijangkar. Setelah didapatkan 3 kandidat calon yang memenuhi kriteria, maka ketiga kandidat calon melakukan kampanye secara online melalui video kampanye kandidat OSIS SMK Cijangkar yang diunggah melalui channel Youtube Media SMK Cijangkar

Setelah masa kampanye, para kandidat melakukan kampanye di depan para siswa dan guru SMK Cijangkar secara Langsung ke tiap Kelas sekaligus menyampaikan visi misinya. 

Setelah itu seluruh siswa SMK Cijangkar melakukan e-voting pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Cijangkar di Aula SMK Cijangkar. Usai memilih di bilik yang sudah terdapat laptop yang terhubung dengan internet, siswa dan guru pemilih meletakkan jari ke dalam tinta sebagai tanda telah menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan Ketua dan wakil ketua OSIS SMK Cijangkar.







Akhirnya pasangan kandidat nomor 1 Hoerun Nisa dan Falih Nur Rahman berhasil memenangkan pemilihan Ketua dan Wakil ketua OSIS SMK Cijangkar Periode 2022/2023 dengan total 316 suara, urutan kedua pasangan kandidat nomor 2 Dania Sahla Saida dan Desta Saptya Syadidah memperoleh 259 suara, dan urutan ketiga pasangan kandidat nomor 3 Tira Anggraeni dan Tini Nuraeni 43 suara.




Pemilihan Ketua OSIS SMK Cijangkar Pakai Sistem E-Voting

berikut Arsip Dokumentasi Kegiatan Pemilihan Ketua OSIS SMK Cijangkar Tahun 2022, bisa masuk ke Halaman Penyimpanan Drive  disini


Demikian informasi dokumentasi dishare, semoga bermanfaat untuk kenang-kenangan kalian semua.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)